Monday 4 April 2016

BEST PICTURES OF 2015 VERSI 'HERGUNZ'


2015 jadi tahun yang keren untuk film-film luar biasa.
Dari sejumlah film yang udah ane tonton, ane mencoba menyusun sebuah daftar film 2015 paling keren versi ane. Oke mungkin ini kedengaran amat telat. It's April already!
But screw the month! I don't give a d-amn about that :D

Peringkat yang ane susun di sini mungkin tidak akan sama dengan pemirsa yang lain, dan itu wajar. Pertama, ane kaga nonton semua judul film. Ane cuma nonton film yang bagus-bagus aja, jadi ane udah nyiapin list dulu sebelum nontonnya. Dari yang ane tonton inilah yang saya buatin peringkatnya. Kedua, tiap orang punya selera yang berbeda-beda. Indikator bagus-tidaknya suatu film antara satu orang dangan orang lainnya tidak sama. Boleh jadi film yang menurut ente bagus ternyata ngga bagus menurut ane. Dan begitupun sebaliknya, film yang menurut ane bagus belum tentu jelek di mata kalian. xD Ketiga, ane bukan (atau belum bisa jadi) pelahap segala genre. Horror dan romance adalah dua genre yang paling kurang saya minati. Tapi bukan berarti penilaian ane cuma diliat dari action atau berantem-berantemnya aja lho ya. Bagi ane pribadi, film yang disebut 'keren' adalah film yang mampu bermain dengan emosi. Ketika lucu, kita benar-benar tertawa, tanpa bisa ditahan. (Sebagai catatan, ane punya kecenderungan untuk tahan tawa kalo lucunya atau nyengir doang cuma setengah-setengah). Ketika haru, benar-benar terenyuh sampai ikut mengalirkan air hidung, air telinga, serta air liur disudut bibir. *halahh xD Ketika mencekam, benar-benar memacu detak jantung, dan ketika selesai menonton, ada perasaan semacam.... "Bangsatt! Keren bangettt!" (baik mbatin maupun diucapin). =D

Orait! Tanpa banyak ba bi bu lagi, langsung aja disimak daftar 10 FILM TERBAIK 2015 PILIHAN ANE.






1. The Avengers: Age of Ultron

Tidak ada yang lebih menarik dan menyenangkan selain menyaksikan berbagai superhero favorit bergabung dalam satu film. Meski ide ceritanya tidak secemerlang The Avengers yang pertama, Age of Ultron tetap bisa memukau karena dari awal sudah menwarkan banyak superhero.
(Rating: 10/10)


2. Drishyam

Lagi lagi film Bollywood membuktikan bahwa film yang digarap dengan totalitas akan menciptakan sentuhan akhir yang besar. Drishyam sukses mengaduk-aduk emosi saya. Menonton Drishyam adalah pengalaman menonton terbaik sepanjang masa karena sanggup membuat saya kagum bahkan sampai sekarang. Tanpa bermaksud terlalu membesar-besarkan, setelah menonton film ini, banyak film-film lain yang saya tonton, termasuk Hollywood, jadi terasa biasa saja. Saya tidak akan memberi gambaran apapun mengenai isi ceritanya. Semakin sedikit yang anda tahu tentang Drishyam, maka akan semakin bagus. Saya cuma bisa bilang, 'Drishyam bukan film biasa.'
(Rating: 10/10)


3. Kingsman: The Secret Service

Dari sekian banyaknya film-film bertema spionase atau agen rahasia tahun ini (sebut saja Mission Impossible: Rogue Nation, Spectre, The Man From U.N.C.L.E., Hitman, dll), Kingsman adalah yang paling memuaskan dan paling menghibur kalau dilihat dari segi ide dan eksekusi ceritanya. Saya masih akan selalu ingat dengan adegan ledakan berhamburan darah warna-warni seperti ledakan kembang api di tahun baru. :D That was absolutely awesome!
(Rating: 9/10)


4. Inside Out

Studio animasi PIXAR memang selalu full of something. Inside Out adalah karya Disney-PIXAR yang paling menyentuh sisi emosional sepanjang masa. Kisah emosi yang digambarkan dalam karakter yang berbeda-beda, Joy (bahagia), Sadness (sedih), Anger (marah), Fear (takut), dan Disgust (jijik), adalah ide yang sangat segar dan cemerlang. Tidak mengherankan jika film ini menghasilkan pendapatan besar, menuai banyak pujian dari kritikus film dunia, serta berhasil menyabet piala Oscar sebagai Animated Best Movie 2015. Perasaan yang campur aduk, aneh, pengen nangis tapi rasanya bahagia, lebih dari haru, sekaligus lebih dari bahagia. Nonton film kartun ga pernah terasa seperti ini.
(Rating: 9/10)


5. The Martian

Banyak film bertema serupa, tapi tidak ada yang seperti The Martian. Film survival yang menceritakan sisah seorang astronot yang tertinggal di planet Mars seorang diri ini tidak pernah terasa membosankan. Cinematic dan capture permukaan Mars yang indah didukung dengan jajaran department akting yang apik, The Martian mampu memberikan sentuhan dan suasana-suasana yang luar biasa.
(Rating: 8.9/10)


6. SPL 2: A Time For Consequences

Sulit untuk tidak kagum dengan segala kebrutalan yang ada pada SPL 2. Penggabungan unsur aksi dan scoring yang pas, ngeblend dalam satu; China dan Thailand. Film ini punya ketegangan berlapis-lapis namun eksekusi cerita yang dibangun tetap bisa dinikmati sebagai kesatuan yang utuh.
(Rating: 8.9/10)


7. Ant-Man

Meski filmnya cenderung bermain di 'jalur aman', film yang satu ini layak diacungi jempol karena berani menyuguhkan warna baru dalam dunia superhero.
(Rating: 8.7/10)


8. Pitch Perfect 2

Bagi pecinta musikal, terutama yang telah menyaksikan Pitch Perfect seri pertama, jangan pernah melewatkan film yang satu ini, sebab film ini menjawab keinginan penonton untuk menyaksikan kompetisi acapela yang lebih dahsyat dengan tetap memberikan jalinan cerita menggelitik dari para karakternya.
(Rating: 8.5/10)


9. Daddy's Home

Sudah lama ane menantikan film komedi barat yang mampu benar-benar lucu tanpa joke-joke kasar. Semua penantian itu akhirnya terjawab dalam Daddy's Home. Memang bukan hadir tanpa joke kasar samasekali, tetapi bukan itu makanan utamanya. Yang terpenting dari semuanya adalah film ini mampu benar-benar lucu dengan jajaran pemain yang mumpuni.
(Rating: 8.5/10)


10. Ip Man 3

Satu lagi film Hong Kong yang amat ditunggu di tahun 2015. Seri ketiga dari film yang mengisahkan master Wing Chun sang legendaris ini menjadi penutup trilogi yang apik dengan pace cerita yang dibangun meningkat dan semakin meningkat. Tiap segmennya diisi dengan pertarungan sengit dalam duel antar ilmu seni bela diri berbagai dunia, sebut saja Boxing, Muay Thai, dan yang mungkin paling ditunggu, duel antar master Wing Chun. Tidak hanya menonjolkkan aksi yang lebih besar, tetapi drama yang disuguhkan juga pantas diikuti. Apalagi filmnya sendiri diangkat dari kisah nyata.
(Rating: 8.1/10)

-----Special Mentions-----


Star Wars: The Force Awakens (8/10) "new story line, new generation"



The Walk (8/10) "amazingly breathtaking"


Shaun The Sheep The Movie (7.9/10) "just watch! excessively funny"

No comments:

Post a Comment